Monday, April 30, 2012

PRESIDEN CUP II BUKTI BnR KONSEN TERHADAP KONSERVASI

Senayan pusat olahraga Indonesia hari ini diramaikan pengunjung. Bukan hanya untuk berolahraga namun, hari ini ada event nasional  yaitu lomba burung berkicau yang bertajuk “PRESIDEN CUP II”(29/4). Para penghobi seluruh Indonesia berdatangan  untuk ikut berpartisipasi. Peserta dari Singapura ikut hadir.

Event yang dibuka oleh Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementrian  Kehutanan (Kemenhut) bapak  Darori menegaskan di Indonesia  memiliki 1600 jenis burung dan kebanyakan hamper punah. Beliau berharap dengan ada diadakannya lomba seperti ini meningkatkan kesadaran masyarakan untuk melakukan pelestarian.

Yayasan BnR pada event Presiden Cup II  mendapatkan  penghargaan dari Museum Rekor Indonesia(MURI) dengan kategori hadiah terbesar mencapai Rp 3 milyar. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua MURI Bapak Jaya Suprna.
Lomba Kali Ini dikuti hamper 3000 burung dengan berbagai kelas . Peserta dari Negara tetangga juga ikut hadir salah satunya dari Singapura yang mengikuti kelas jenis Kaca Mata.  Pada event yang telah diselenggarai 2 kali ini, membuka kelas khusus yaitu kelas Murai Batu Ring BnR dimana burung Ring ini adalah hasil dari penangkaran BnR. Hal tersebut membuktikan bahwa BnR betul – betul konsen dan peduli terhadap konservasi. Motto BnR  tiada lomba tanpa penangkaran dengan adanya lomba para penangkar akan makin banyak kalau sudah penakar banyak yang tumbuh  maka diharpkan panangkapan liar akan bisa di redam. Untuk itu Yayasan BnR sudah membentuk Persatuan Penangkar BnR (P2YB) dimana setiap anggota akan menyerahkan minimum satu pasang yang dilepas di habitatnya.(akp)

0 comments:

Post a Comment